UKM Himpara Selenggarakan Edukasi Geothermal untuk Mahasiswa IAIPI

Institut Agama Islam (IAI) Persis Garut menyelenggarakan Edukasi Geothermal  bagi mahasiswa pada (17/10/2024). Acara yang diadakan di Aula Rusunawa  IAI Persis Garut, Jln.Aruji Kartawinata ini, dihadiri oleh Rektor IAI Persis Garut, Wakil Rektor l Bidang Akademik, Wakil Rektor lll Bidang Kemahasiswaan, Ketua Bagian Kemahasiswaan, juga Mahasiwa-Mahasiswi dari perwakilan HM-PS hingga UKM serta Star Energy Geothermal Darajat, Ltd yakni H. Yusep Akbar yang menjadi pemateri pada acara tersebut.

Ketua Pelaksna yaitu Firas Alfida Husaam menyampaikan sambutannya pada pembukaan acara " Bahwa penanaman pohon seperti yang akan dilakukan sekarang ini bukan pertama kalinya dilakukan karena dulu juga pernah dilaksanakan penanaman di kampus IAI Persis Garut, dan beliau juga berharap bahwa penanaman ini adalah awal yang bisa diteruskan atau berkelanjutan, serta bertumbuhnya itu tidak hanya tanaman saja tetapi kita sebagai manusia yang bertumbuh dalam kehidupan kita " uangkapnya.

Yang berikutnya sambutan dari Dr. Pepen Irpan Fauzan, M.Hum selaku WR III Bidang Kemahasiswaan ia menyampaikan harapan dalam sambutannya untuk kampus IAI Persis Garut atau biasa di kenal dengan sebutan kampus bening, semoga dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini bisa lebih membuat kampus menjadi lebih lestari dalam ekosistemnya, tak lupa beliau juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada UKM Himpara yang telah menyelenggarakan kegiatan edukasi geothermal ini.

Dan yang terakhir yakni sambutan dari Dr. Tiar Anwar Bachtiar, S.S.,M.Hum. selaku Rektor IAI Persis Garut, beliau menyampaikan bahwa dalam melestarikan lingkungan ini banyak ayat yang menjelaskan salah satunya sebagai bentuk rasa syukur kita karena telah diberikan tanah yang subur untuk ditanami tumbuhan. Beliau juga mengingatkan untuk menanam supaya hasilnya bisa dinikmati oleh anak cucu kita atau generasi selanjutnya.

Setelah acara dibuka, dilanjut dengan simbolis penyerahan bibit pohon pertama dari Star Energi Geothermal kepada perwakilan dari UKM  Himpara.

Pada sosialisasi yang disampaikan oleh Star Energy Geothermal Darajat, Ltd yakni H. Yusep Akbar beliau menjelaskan bahwa orang yang menanam tumbuhan hanya mengharapkan buahnya saja itu rasa ikhlasnya masih kurang, karena salah satu tujuan menanam itu adalah kita akan mendapatkan manfaat oksigen dari apa yang kita tanam dan sebagaimana yang sudah pernah dipelajari bahwa proses fotosintesis itu merupakan proses mengolah karbondioksida menjadi oksigen.      

Acara tersebut dilanjut dengan penanaman bibit pohon pertama sebagai penghujung acara, oleh Star Energi Geothermal, Ltd dan dibantu oleh Dr. Pepen Irpan Fauzan, M.Hum dan Dr. Tiar Anwar Bachtiar, S.S.,M.Hum. yang lokasi penanamannya terletak di samping Rusunawa IAI Persis Garut. 

Acara Edukasi Geothermal pun diakhiri dengan sesi foto bersama.


Jurnalis : Rohima dan Rifa 

Dokumentasi : Budi 



2 Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

  1. Terimakasih banyak Aksara telah meliput kegiatan Himpara ini🙏

    BalasHapus
  2. Hade mang… Lanjutkan…

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama