Hari Pertama Ma'ruf Sekaligus Pembukaan Acara Kegiatan Ma'ruf 2024

IAI Persis Garut menyelenggarakan kegiatan Maruf (Masa Taaruf) 2024 pada 23-26 September 2024 yang bertempat di Auditorium IAI Persis Garut Jalan Aruji Kartawinata, Ciawitali, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ridwan Abdalloh selaku Presiden Mahasiswa,  Dr. Pepen Irfan Fauzan M. Hum selaku Wakil Rektor III, Dr. H. Gungun Abdul Basit. M. Ag yang mewakili Rektor IAI Persis Garut  dalam membuka acara Maruf kali ini, serta para mahasiswa dan mahasiswi baru IAI Persis Garut.

Kegiatan Ma'ruf ini diawali dengan apel pagi,  menyanyikan lagu Indonesia Raya,  mars Persis,  mars IAI Persis Garut, prakata pembina upacara, pembukaan kegiatan dan pembacaan ayat suci Al-Quran. 

Dalam sambutannya ketua Dema IAI PERSIS menyampaikan "Alhamdulillah pada hari ini sangat berbahagia di kampus IAI persis Garut, dan ini angkatan pertama yang masuk ke Institut Agama Islam, yang kemarin mahasiswa STAI sekarang Alhamdulillah jadi IAI. Sekarang kawan-kawan udah masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa, yang mana secara pola fikir, secara pemahaman yang tadinya kawan-kawan duduk di bangku sekolah diberi materi, pemahaman oleh guru, sekarang berbeda. Justru kawan-kawanlah yang membuka ilmu itu. Bukan seperti SMP, SMA, berbeda dengan mahasiswa. 

Ciri mahasiswa itu aktif dan kritis, yang mana banyak bahkan yang jadi julukan itu mahasiswa jadi objek bagi  perubahan dan yang lainnya,  maka dari itu kawan-kawan harus berubah baik dari pola pikir dan perbuatan-perbuatan lainnya. Sekarang harus lebih kritis lagi."

Juga sambutan dari Dr. H. Gungun Abdul Basit. M. Ag. yang dengan penuh kehangatan menyapa para calon mahasiswa baru dan dalam sambutannya beliau menyampaikan 

"Selamat datang kepada calon mahasiswa di kampus IAI PERSIS Garut sebagaimana tadi di sampaikan oleh  ketua Dema bahwa sekarang ini adalah Ma'ruf pertama di IAI PERSIS Garut. Alhamdulillah setelah kampus ini berusia kurang lebih 21 tahun dari 2003, sekarang 2024. Dan di 2024 ini, berubah status jadi Institut Agama Islam. Tentu perubahan ini ada perubahan di sisi lain, baik dari sisi sarana tentunya dan sebagainya. Termasuk aktifnya mahasiswa. Mudah-mudahan ada peningkatan disisi ke ilmuan aktivitas kemahasiswaan dan kontribusi pada masyarakat. 

Pada prinsipnya kami dari kemahasiswaan kampus ini menyambut baik kegiatan ini. Tentu kegiatan ini  bukan sekedar ritual tahunan, tapi ini adalah pelajaran yang sangat berarti, Materi Ma'ruf ini silahkan dicermati, dan insyaallah akan memberikan bekal yang sangat berarti bagi calon mahasiswa baru, baik dari segi wawasan dan kedewasaan. Tentu kegiatan ini tidak boleh di sia-siakan. Sekali lagi, ahlan wa sahlan di kampus IAI PERSIS Garut ini."

Acara Ma'ruf ini di buka oleh rektor III sebagai perwakilan yaitu Dr. Pepen Irfan Fauzan M. Hum. Dilanjut dengan simbolis dengan penyematan peserta Maruf 2024 lalu pembacaan tata tertib yang disampaikan oleh Divisi Keamanan, diikuti dengan penayangan video Ma'ruf tahun kemarin. 

Setelah melaksanakan salat Dhuha, panitia memperkenalkan diri kepada peserta, diikuti dengan pertemuan bersama mentor. Perkenalan dari beberapa kelompok dan menampilkan yel-yel kelompok. 

Acara dilanjutkan dengan materi sosialisasi kampus yang disampaikan oleh Wakil Rektor I hingga IV serta dekan fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Ushuluddin, dan Ekonomi dan Bisnis. Selain itu, perwakilan SEMA, DEMA, dan HM-PS juga melakukan sosialisasi kepada para peserta maruf. Materi selanjutnya berfokus pada sosialisasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sekaligus membuka pendaftaran anggota baru. 

Semoga dengan terselenggaranya Ma’ruf 2024, IAI Persis Garut dapat membentuk karakter dan membekali mahasiswa baru dengan informasi yang bermanfaat.

Jurnalis : Hesti 

Editor : Aida 

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama