PERLUAS JANGKAUAN: HM-PS IAT GELAR ACARA DI LUAR KAMPUS


Garut, Aksara — Himpunan Mahasiswa Program Studi (HM-PS) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir gelar acara Wakaf Qur’an dan Safari Dakwah pada Jum’at, (14/06/2024), dengan tema, “Meraih Kesuksesan Dunia Akhirat: Study Tafsir Q.S Al-Baqarah: 201”. Kegiatan ini berlokasi di Masjid Al-Jamaah, Kp. Al-Ikhlas RT 04/ RW 23 Kel. Kota Wetan Kec. Garut Kota. 

Warga masyarakat menyambut acara Wakaf Qur’an dan Safari Dakwah ini dengan penuh antusias. Tercatat sebanyak 55 orang hadir dalam acara tersebut. 

Dalam sambutannya, Amroini, selaku ketua HM-PS Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, memaparkan tujuan dari kedua acara tersebut, “Wakaf Qur’an ini adalah upaya kami dari HM-PS khususnya, untuk menyebarkan Al-Qur’an ke tempat-tempat yang kami anggap itu membutuhkan. Dan kami juga berharap bahwa dari Al-Qur’an yang diwakafkan ini, dapat menjadi cahaya penerang dan juga memberikan sumber ilmu kepada jama’ah-jama’ah yang ada, bapak-ibu sekalian.”

“Kemudian juga, tujuan yang kedua, kami mengadakan Safari Dakwah … berupaya agar kita mendapatkan siraman qolbu ataupun yang bisa menggugah keimanan kita, sehingga mudah-mudahan melalui penyampaian yang akan disampaikan nanti, itu bisa menambah kecintaan kita kepada Al-Qur’an.”

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada mahasiswa STAIPI yang dengan kehadirannya telah mempercayai kepada kami untuk mengadakan acara ini. Dan juga kami ucapkan terima kasih kepada Ust. Yanyan, ketua jurusan prodi IAT ini, dan tentunya beliau juga yang akan memberikan nasihat atau petuah-petuah yang sebagaimana tadi disebutkan akan bermanfaat bagi kita semua,” tutur Ustaz Saepulloh—DKM masjid Al-Jamaah—dalam sambutannya. 

Pada acara inti, yaitu tausyiah dari Ust. Yanyan Nurdin, M.Ag, beliau menyampaikan bahwa untuk memahami surat Al-Baqarah ayat 201, harus melihat ke ayat sebelumnya terlebih dahulu, ayat ke-200 yang membahas tentang haji. Selanjutnya, beliau menerangkan bahwa di ujung ayat ke-200 Allah menyinggung doa orang yang meminta kebaikan dunia, tetapi tidak meminta kebaikan akhirat. 

Pemateri juga menyebutkan kisah sahabat Nabi yang meminta kesengsaraan di dunia, agar di akhirat selamat. Sehingga, ayat ke-201 ini turun, agar manusia tidak bersikap berat sebelah. 

Usai tausyiah, pihak HM-PS Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir melakukan penyerahan Al-Qur’an secara simbolis kepada pihak DKM dan juga remaja masjid Al-Jamaah. Kemudian, acara ditutup dengan foto bersama.


Jurnalis: N. A. Hasanah

Posting Komentar

Halo sobat Aksara!
Jika mari berkomentar dengan memberikan gagasan atau pendapat yang terbaik, kita jauhi komentar yang mengandung hal yang tidak diinginkan yaa!

Lebih baru Lebih lama